Selasa, 22 Desember 2015

Tentang Burung Kenari atau Canary

Apa kabar sobat semua ?? 
Memelihara burung dewasa ini selain sudah menjadi hobi bisa juga sebagai sumber penghasilan, bahkan ada yang menjadikanya sebagai penghasilan utama karena prospek yang menjanjikan. Berbicara mengenai hobi memelihara burung memang tidak ada habisnya. Sejak dahulu sebelum kita mengenal era internet sampai sekarang dimana kita dengan begitu mudahnya mengakses internet dan sosial media.


Pada kesempatan ini saya akan menshare artikel tentang burung yang banyak untuk di jadikan peliharaan olaeh para penggemar burung, yaitu burung kenari. Tentunya sobat semua sudah banyak yang tahu tentang burung ini bukan ??? :)

Menurut wikipedia, burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.
Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dariInggrisJerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,yorkshire,lanchaisire,gloser,dan sebagainya.
Nama burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu. 

Burung kenari merupakan burung pemakan bij-bijian, mempunyai warna bulu yang indah, posturnya kecil dan sangat mudah untuk berkicau, karena bila ada burung lain yang berkicau burung kenari  ini akan mudah untuk menyahutnya. Burung ini juga burung lomba sehingga peminatnya banyak :).

Menurut yang saya baca di situs kicaumania.com bagi pemula disarankan untuk memulai ternak kenari lokal atau kenari kecil terlebih dahulu.karena lebih mudah untuk merawatnya di banding merawat kenari besar seperti yorkshire, F1, F2, F3.

Burung kenari merupakan burung favorit para penggemar burung. Hal ini bisa ditebak dari masyarakat kebanyakan memilih burung ini baik sebagai burung kesayangan untuk di dengarkan ocehanya, tentunya :) maupun sebagai burung lomba jagoannya. Hal ini tidak terlepas dari karakteristik burung kenari yang komplit. Berikut adalah di antara karakteristik burung kenari :
1. Kenari adalah tipe burung petarung
2. kenari adalah tipe burung penyanyi
3. kenari mudah untuk beradaptasi
4. kenari tidak mudah stress
5. kenari mudah jinak
6. kenari birahinya mudah naik   

Mungkin itu dulu yang bisa saya share sobat smuasuka:), salam sukses untuk kita semua,..josss..:) 


Share: 

0 komentar:

Posting Komentar