Minggu, 27 Desember 2015

Tahukah anda ??? Jenis burung yang sering dipelihara

Halo sobat semua...
Memelihara burung adalah suatu kesenangan juga kepuasan, di samping hobi juga Oleh karena itu pada postingan kali saya akan membagikan jenis-jenis brurung yang sering dipelihara.

1.Burung kenari 
Menurut wikkpedia burung kenari atau yang dalam nama latinnya (Serinus Canaria) pertama kali ditemukan oleh Pelaut Prancis Jean de Berthant Cout di Kepulauan Canary pada abad ke 15. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.
Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari ke Indonesia, semula mendatangkan kenari dari InggrisJerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,yorkshire,lanchaisire,gloser,dan sebagainya.
Nama burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu. 
2. Burung Kakatua

Kakatua temasuk dalam (suku Cacatuidae) adalah jenis burung hias yang memiliki bulu yang indah dengan lengkingan suara yang cukup nyaring. Spesies ini termasuk salah satu burung dengan kecerdasan yang cukup bagus, sehingga sering digunakan untuk acara-acara hiburan di kebun binatang atau tempat hiburan lainnya.Kata kakatua tertanggal berasal dari abad ke -19 dan merupakan derivasi kata dari nama Indonesia untuk burung ini, "Kakatuwah" (yang berarti "wakil" atau "pegangan"; dari paruhnya yang kuat) atau dari panggilan kakatua putih itu sendiri, melalui istilah Belanda kaketoe; kata cock mungkin mempengaruhi kata kaketoe. Terdapat varian kata kakatua pada abad ke-17 termasuk cacato, cockatoon, crockadore, cokato, cocatore, dan cocatoo digunakan pada Abad ke 19. Asal kata ini juga digunakan untuk familia dan nama Cacatuidae dan Cacatua masing-masing.

3. Burung Jalak


4.Burung Beo

Burung beo alias tiung, atau menco (Gracula religiosa) sangat dikenal orang sebagai burung piaraan yang paling menarik, karena pandai menirukan bunyi apa saja yang biasa ia dengar atau sengaja diperdengarkan kepadanya. Terutama bunyi siulan, nyanyian, seruan, teriakan, panggilan nama seseorang dan lain-lain. Apalagi burung ini mudah sekali dipelihara dan cepat mengenal pengasuhnya. Burung ini memiliki warna bulu hitam, paruh kuning kemerah-merahan dan kepala berbulu pendek dengan gembel kuning di belakang matanya. Di Indonesia burung ini terdapat dalam beberapa anak jenis. Diantaranya beo maluku (Gracula religiosa lidthii) yang terdapat di Maluku dan Indonesia bagian timur, Beo Jawa (Cracula religiosa javanensis) yang terdapat di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Lalu beo enggano (Gracula religiosa engganensis) yang terdapat di Pulau Enggano, beo mentawai (Gracula religiosa baturensis) yang terdapat di Sumatera Utara dan pulau Mentawai dan bro nias (Gracula rligiosa robusta) yang terdapat di pulau Nias. Beo Nias inilah yang paling digemari orang dipiara sebagai burung sangkar, karena pandainya menirukan kata-kata.


5.Burung Cucak Rowo
Burung cucak rowo (Pycnonotus zeylenicus) merupakan burung kicauan berasal dari pulau Sumatera. Orang setempat menyebut burung ini barau-barau. Hidup di hutan belukar, terutama di daerah yang di dekatnya terdapat anak sungai kecil yang berair jernih. Burung ini punya kebiasaan mandi menjelang tengah hari, terutama bila cuaca panas. Burung ini merupakan kicauan di Indonesia. Bunyinya khas dengan siulan berat dan lagu berbeda-beda.

Burung cucak rowo  juga mampu menyejukkan telinga yang mendengarnya, suaranya amat keras serta memiliki irama berulang, terlebih lagi bila ada sepasang, maka akan terdengar seperti paduan suara yang indah.
Semoga artikel ini bermanfaat :)
















Share: 

0 komentar:

Posting Komentar